Jumat, 22 Juni 2012

Green Canyon


Kali ini kita mau bahas liburan ke Green Canyon nih, ada yang sudah pernah kesana?

Kalau belum, ada sedikit informasi mengenai liburan di Green Canyon.

Simak baik-baik ya :D

Green Canyon
Merupakan tempat wisata andalan provinsi Jawa Barat. Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih 31 km dari Pangandaran. Green Canyon sebelumnya bernama, Cukang Taneuh berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Objek wisata ini berupa aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua buah bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.



Sungai Cijulang
Yang menjadi tujuan utama kalau kita ke green Canyon adalah terowongan menyerupai gua yang berada di bawah jembatan tanah yang dikenal dengan Gua Green Canyon. Untuk mencapai gua tersebut, kita harus menyusuri sungai Cijulang menggunakan perahu yang disebut sebagai ketinting. Perahu ini hanya mampu ditumpangi oleh 5 penumpang dengan harga Rp 75.000,- per perahu. Di sisi aliran sungai Cijulang kita dapat menikmati tebing bukit yang ditumbuhi hijaunya pepohonan yang rimbun dan bebatuan yang menghiasinya. Saat hampir sampai, jalur perahu akan menyempit sehingga perahu yang datang harus bergantian untuk memasuki jalur ini. Ketinting akan mengantar kita hanya sampai mendekati mulut gua karena jalur yang tidak mungkin dilalui.



Gua Green Canyon
Pemandangan yang indah menanti setelah kita turun dari perahu. Disana kita dapat menikmati sisi gua yang kokoh dengan melihat stalagtit dan stalagmit yang masih meneteskan air. Air di gua ini terus menerus dikeluarkan di tebing sehingga daerah ini disebut sebagai daeah hujan abadi. Selain melihat keindahan gua, kita juga bisa berenang loh dengan menggunakan pelampung.  Air yang terasa dingin dan menyegarkan akan kita rasakan saat kita berenang di sungai tersebut. Pemandangan semakin cantik ketika menyaksikan air terjun Palatar yang terdapat dalam Gua Green Canyon. Berenang di air yang dikenal dengan body rafting yang dingin sambil menikmati tebing-tebing tinggi dan melihat stalagtit dan stalagmit pasti merupakan pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan.


Green Canyon atau Cukang Taneuh memang merupakan tempat wisata yang indah di daerah Pangandaran. Tetapi, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada musim kemarau karena pada musim ini, air sungai Cijulang berwarna hijau tosca. Sedangkan pada musim hujan, saat curah hujan tinggi, air sungai akan berwarna coklat. Selain itu pada musim hujan ada kemungkinan air sungai akan pasang atau aliran air sungai yang terlalu deras sehingga tempat ini ditutup untuk umum demi keselamatan pengunjung.

5 komentar:

  1. anastasya hilman23 Juni 2012 pukul 08.31

    dari dulu kepingin banget kesana, huahuahua :(

    BalasHapus
  2. tapi kalo untuk tempat tinggalnya gmn... ada hotel emg disana? setau aku kita tinggal dirumah warga kan...

    BalasHapus
  3. ada hotel kok kakak, tp emang tinggalnya kita di hotel dekat pangandaran. kalau di dkt green canyonnya jarang bgt ada hotel :)

    BalasHapus
  4. lewat tol mana sih?thank gan

    BalasHapus